Manfaat coklat

Semua orang suka coklat. Coklat adalah bahan yang umum untuk dalam membuat kue dan manisan seperti permen, es krim, coklat batangan, kue kering, cake dan pie. Anak-anak suka makan coklat, tapi remaja biasanya menghindarinya karena mereka yakin coklat bikin jerawat. Tapi anggapan tersebut salah, lho. Apa kalian tahu kalau coklat itu justru punya banyak kelebihan yang bisa menyehatkan tubuh dan pikiran kita? Ini dia manfaatnya.

1. Coklat, terutama yang dark chocolate, kaya akan zat flavonoids epicatechin dan gallic acid, yang memiliki cardioprotective dan juga antioksidan untuk melindungi tubuh kita dari oksidasi LDL. Beberapa penelitian juga mendapati bahwa dengan mengonsumsi 100 gr dark chocholate setiap hari dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah naiknya tingkat kolesterol LDL.

2. Penelitian menemukan juga bahwa coklat juga dapat mempertajam daya ingat otak dan mencegah kepikunan terutama pada orang-orang di usia senja.

3. Coklat dapat melepaskan zat serotonin dalam otak, yang berfungsi membuat orang menjadi tenang dan bahagia. Ada dua bahan dalam coklat yang berperan penting dalam menimbulkan perasaan senang ini. Theobromin adalah alkaloid utama yang ada dalam coklat dan buah coklat, adalah salah satu penyebab yang timbulnya perasaan bahagia yang ditimbulkan oleh coklat. Tryptophan, adalah asam amino penting bagi serotonin, perantara penting bagi saraf yang berperan serta dalam mengatur mood kita.

4. Coklat juga bisa menjadi obat alternatif bagi kita. Theobromine, juga merupakan faktor penting dalam pencernaan kita karena dia membuat otot-otot dari dinding esofagus alias kerongkongan, sehingga asam dari dalam perut kita dapat memasuki esofagus dengan mudah. Menurut sekelompok peneliti di Univ. Harvard, California, obat yang memakai bahan dasar coklat dapat membantu perawatan penderita diabetes, dementia dan berbagai penyakit lain. Para peneliti juga mengatakan coklat dapat membantu untuk mencegah batuk permanen. Bahan Theobromine yang ada pada coklat terbukti hampir 1/3 kali lebih efektif dibandingkan dengan codeine, yang menjadi bahan utama pembuatan obat batuk. Coklat juga dapat melembabkan dan melegakan tenggorokan.

5. Coklat tidak menjadi penyebab timbulnya jerawat. Coklat murni justru memiliki zat anti-oksidan yang membantu perbaikan dan pemulusan kulit. Ahli Universitas dari Pensylvania dan Akademi Angkatan Laut US, telah mengadakan penelitian soal ini. mereka memberikan coklat setiap hari kepada anggota mereka dan menemukan bahwa mengkonsumsi coklat, entah itu setiap hari atau tidak, tidak menyebabkan jerawat. Coklat batangan yang diberi tambahan susu itulah yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Bukan coklatnya yang menjadi penyebab jerawatnya, melainkan susu yang dicampurkan di dalam bahan pembuatnya.

Nah, sekarang kita bisa liat kan coklat tidak merugikan namun justru membawa banyak manfaat bagi kita, jadi nggak usah khawatir dalam mengkonsumsinya.

Semoga bermanfaat.

Thanks for reading. Thanks to Yulian Ekowati. ^-^

One comment on “Manfaat coklat

nuasa_daviani@yahoo.com

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s